Rusia Inisiatif Membantu Azerbaijan Berdamai Dengan Armenia

Vladimir Putin selaku Presiden Rusia melakukan kunjungan ke Azerbaijan. Dia juga telah bertemu dengan Presiden Azerbaijan yaitu Ilham Aliyev. Yang mana untuk tingkatkan hubungan diplomatik serta membantu proses perdamaian di Kaukasus Selatan.

Rusia-Inisiatif-Bantu-Azerbaijan-Berdamai-Dengan-Armenia

Dalam beberapa bulan terakhir, Amerika Serikat (AS) telah mengupayakan perdamaian antara Armenia dan juga Azerbaijan. Langkah ini kemudian membuat geram Moskow yang mana menganggap bahwa tindakan Washington itu sebagai upaya ikut campur. Serta merusak stabilitas Kaukasus Selatan VIEWNEWZ.

Putin Ingin Jaga Keterlibatan Rusia Di Kaukasus Selatan

Dalam pertemuan bersama Aliyev, Putin kemudian menekankan tentang keinginannya untuk menjaga keterlibatan sejarah pada situasi politik di Kaukasus Selatan. “Jika terdapat sesuatu yang bisa kami lakukan untuk memuluskan jalan menuju ke arah perdamaian antara Armenia dan Azerbaijan. Maka kami telah membicarakan hal itu berulang kali, termasuk tentang delimitasi perbatasan. Kami tentunya akan sangat senang dengan hal itu,” kata Putin.

“Hal ini di ketahui secara luas bahwa Rusia juga sedang menghadapi krisis, terutama tentang Ukraina. Tetapi, Rusia dalam sejarahnya selalu ikut terlibat dalam situasi serta perkembangan politik di Kaukasus Selatan. Dan juga kami butuh untuk berpartisipasi disini,” katanya. Putin akan berbicara dengan Perdana Menteri Armenia yaitu Nikol Pashinyan lalu mengatakan kepadanya tentang hasil negosiasi Rusia bersama dengan Azerbaijan.

Baca Juga : Anggota Parlemen Jepang Ini Berkunjung Ke Rusia

Armenia Sebut Bahwa Tidak Ada Hal Yang Baik Dari Pertemuan Dengan Putin-Aliyev

Armenia masih belum berikan komentar apapun. Tetapi, anggota parlemen Armenia yaitu Gagik Melkonian katakan bahwa Putin berkunjung ke Baku. Yang mana untuk menentukan langkah lanjutan dengan Aliyev. “Mereka (Rusia) telah menyerahkan Karabakh pada Baku. Serta saat ini mengingatkan kami kalau Baku berhutang pada mereka atas hal tersebut.

Sehingga, saya secara personel tidak mengharapkan hal yang baik dari pertemuan Putin dan Aliyev,” katanya. Azerbaijan menanggapi tentang hal positif inisiatif Rusia untuk mendukung proses tercapainya perdamaian bersama dengan Armenia. Aliyev mengaku senang serta antusias dengan kunjungan Putin ke Baku guna meningkatkan relasi antara kedua negara.

Azerbaijan Dukung Format Perdamaian Dari Rusia

Rusia-Inisiatif-Membantu-Azerbaijan-Berdamai-Dengan-Armenia

Menteri Luar Negeri Azerbaijan yaitu Jeyhun Bayramov, mengatakan kalau negaranya membuka proses negosiasi perdamaian bersama dengan Armenia. Dia menambahkan, format perdamaian yang di usung oleh Rusia akan selalu di terima oleh Azerbaijan.  “Kami memakai format bilateral langsung antara Azerbaijan dan juga Armenia. Kami juga tidak akan mengikuti beragam jenis negosiasi perdamaian. Tetapi, format perdamaian yang di prakarsai oleh Rusia selalu bisa kami terima,” kata Bayramov.

“Posisi Azerbaijan selalu ingin untuk normalisasikan hubungan dengan Armenia. Tetapi, kami akan berkomitmen dengan semua keinginan yang mana tidak beralasan dari Armenia harus di singkirkan. Hal ini tidak seharusnya ada dalam deklarasi, namunini harus di refleksikan secara resmi,” katanya scrollberita.com.

Similar Posts

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *